Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » 5 Langkah Untuk Menyingkirkan Virus Dan Spyware Dari Komputer

5 Langkah Untuk Menyingkirkan Virus Dan Spyware Dari Komputer

5 Langkah Untuk Menyingkirkan Virus Dan Spyware Dari Komputer


Solusi termudah untuk membersihkan komputer dari virus dan spyware adalah dengan memformat hard disk dan menginstal ulang lagi Windows kita. Meskipun cara ini terbilang efektif tapi bukanlah cara yang efisien karena urusan memformat dan menginstal tidak bisa kita terus kita lakukan sepanjang waktu tiap kali komputer kita terkena virus atau spyware.
Cara paling efisien agar komputer kita terbebas dari virus dan spyware adalah mencegahnya dengan memberikan perlindungan agar tidak mudah diserang oleh virus komputer dan spyware.
Dan untuk lebih menambah pengetahuan kita agar terhindar dan bisa menghadapi virus komputer dan spyware maka ada baiknya disimak lima tips berikut. Lima tips ini adalah langkah-langkah untuk menyingkirkan virus komputer dan spyware dari komputer.
1. Isolasi hard disk. Virus atau spyware menyerang sistem utama atau dimana Windows terinstal dan bahkan banyak sekali program antivirus yang tidak berdaya karena sistem Windows sudah ‘diambil alih’ oleh virus.
Jika sudah seperti itu keadaannya, cabut hard disk dan pindahkan sebagai ‘Slave’ pada komputer lain dan baru jalankan antivirus untuk men-scan dan membersihkan virus.
2. Hapus file temporari. Masih dalam posisi dimana hard disk sebagai ‘Slave’ sekarang arahkan ke file temporari semua pengguna. Umumnya bisa kita temukan di C:\Documents and Settings\Username\Local Settings\Temp directory untuk Windows XP atau di C:\Users\Username\App Data\Local\Temp folder untuk Windows Vista. Hapus semua yang ada di folder temporari karena banyak ancaman yang baru akan muncul ketika sistem startup.
3. Kembalikan hard disk dan scan ulang. Setelah kita men-scan hard disk yang terinfeksi dalam posisi ‘Slave’ dengan program antivirus dan spyware yang berbeda maka sekarang saatnya untuk mengembalikan kembali hard disk tersebut ke tempat semula. Lalu kembali scan menggunakan program antivirus dan spyware yang berbeda-beda untuk mengetahui dengan pasti apakah masih ada ancaman atau tidak. Ingat agar jangan menghubungkan dahulu komputer kita dengan jaringan luar dalam proses ini.
4. Uji coba sistem. Begitu tiga langkah sebelumnya sudah dijalani maka sekarang tiba saatnya untuk mengujicobakan sistem kita. Hubungkan komputer dengan jaringan luar (internet) dan buka browser Web lalu segera hapus semua file offline dan cookies.
Selanjutnya, arahkan ke setingan Internet Explorer Connection (Tools | Internet Options dan pilih tab Connections di Internet Explorer) untuk mengkonfirmasikan apakah program jahat sudah merubah setingan sistem proxy default atau koneksi LAN. Perbaiki setiap masalah yang kita temukan dan pastikan semua setingan sesuai dengan yang diminta oleh jaringan komputer kita.
Kemudian kunjungi 12-15 situs web secara acak. Perhatikan setiap keanehan yang ada, termasuk pop-up windows, pencarian Web yang dialihkan, halaman web yang sudah dibajak dan maupun masalah lainnya. Jangan anggap komputer kita sudah bersih sampai kita membuka Google, Yahoo dan mesin pencari lainnya dan menyelesaikan pencarian dengan menghimpun begitu banyak kata pencarian. Pastikan untuk menguji kemampuan sistem untuk membuka website antimalware yang populer seperti AVG, Symantec, dan Malwarebytes.
5. Gali lebih dalam jika masih saja terinfeksi. Seandainya virus komputer dan spyware masih saja bandel dan efek dari virusnya itu masih ada seperti halaman web yang dialihkan, maka manfaatkan tool untuk melihat proses yang aktif, seperti: Trend Micro’s HijackThis, Microsoft’s Process Explorer, dan bawaan Windows Microsoft System Configuration Utility (Start | Run dan ketik msconfig). Matikan proses aktif yang kelihatan mencurigakan.

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 KRISTINA SULAMI. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger