Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Pengertian SEO | SEO On Page dan Off Page

Pengertian SEO | SEO On Page dan Off Page

Pengertian SEO | SEO On Page dan Off Page


Pengertian SEO | SEO On Page dan Off PageTeknik SEO adalah cara untuk memposisikan Blog/website ada di halaman pertama mesin pencari. Teknik SEO On Page dan Teknik SEO Off Page adalah langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkannya.
Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Optimasi secara umum adalah untuk memaksimalkan atau mengoptimalkan sesuatu hal yang bertujuan untuk mengelola sesuatu.
Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Pengertian SEO On Page
SEO On Page adalah aktifitas SEO yang kita lakukan langsung pada blog kita. SEO On Page adalah apa yang dapat dilakukan pada halaman-halaman web pages dari sebuah blog/website untuk memaksimalkan posisinya di search engine sesuai dengan target keyword. Seo on Page adalah optimasi dari segi struktur halaman blog Anda, sehingga lebih mudah dikenali oleh search engine.
Cara yang dilakukan untuk SEO on page meliputi:
  1. Penggunaan tag <h1>, <h2>, <h3>
  2. Penggunaan meta tag yang meliputi meta keyword, meta description, dan meta robot.
  3. Image, apabila dalam sebuah halaman terdapat image, maka jangan lupa memberikan title (image title) dan alt (alternate text for image).
  4. Gunakan bold atau italic pada keyword artikel Anda.
  5. Perkuat internal link, pada tiap-tiap artikel seharusnya ada link untuk artikel yang lain. Sehingga artikel-artikel kita dapat terhubung satu sama lain.
Jika kita menggunakan Hosting sendiri (self hosted) atau blog dengan Platform wordpress.org, SEO on page menjadi lebih mudah dilakukan karena telah difasilitasi oleh plugin-plugin SEO.
Pengertian SEO Off Page
SEO Off Page adalah optimasi seo dengan cara memanfaatkan ruang dan interaksi yang dilakukan diluar blog, misalnya dengan mencari backlink {bertukar link, tukar banner, dan berkomentar di blog orang lain}. SEO Off Page adalah apa yang dapat dilakukan diluar halaman web pages untuk memaksimalkan kinerjanya di search engine sesuai dengan target keyword yang berhubungan dengan content. Cara yang dilakukan untuk SEO off page meliputi:
  1. Backlink, bisa kita dapatkan dengan cara blogwalking ke blog orang lain.
  2. Submit artikel ke berbagai situs sosial bookmarking.
  3. Promosi dengan cara mempublikasikannya pada jejaring social {facebook, twitter, linkedin} atau stumbleupon, reddit, digg, dan delicious.
Jika blog sudah teroptimasi dengan baik, perlahan tapi pasti trafik pengunjung blog kita akan meningkat.
Tips untuk melakukan SEO:
  1. Cari keyword yang lagi ngetop
  2. Optimasi SEO on page
  3. Update Artikel
  4. Optimasi SEO off page
  5. Marketing {untuk menambah penghasilan..hehe}
Tulisan tentang Pengertian SEO | SEO On Page dan Off Page ini hanya sebagai panduan belajar yang di kutip dari berbagai media sumber.

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 KRISTINA SULAMI. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger